Wednesday, March 6, 2013

Lp dan Asuhan Keperaatan Bronkitis

  LAPORAN PENDAHULUAN 

1. Pengertian 

Bronkitis adalah suatu penyakit yang ditanda oleh inflamasi bronkus. Secara klinis pada ahli mengartikan bronkitis sebagai suatu penyakit atau gangguan respiratorik dengan batuk merupakan gejala yang utama dan dominan. Ini berarti bahwa bronkitis bukan penyakit yang berdiri sendiri melainkan bagian dari penyakit lain tetapi bronkitis ikut memegang peran. Penyakit ini biasanya berkaitan dengan infeksi virus atau bakteri seperti asap rokok, dan zat-zat kimia yang ada dalam polusi udara. Penyakit ini memiliki karakteristik produksi mucus yang berlebihan. ( Elizabeth J. Corwin )

2. Etiologi/ penyebab 

Penyebab utama penyakit Bronkitis Akut adalah adalah virus. Sebagai contoh Rhinovirus Sincytial Virus (RSV), Infulenza Virus, Para-influenza Virus, Adenovirus dan Coxsakie Virus. Bronkitis Akut selalu terjadi pada anak yang menderita Morbilli, Pertusis dan infeksi Mycoplasma Pneumonia. Belum ada bukti yang meyakinkan bahwa bakteri lain merupakan penyebab primer Bronkitis Akut pada anak. Di lingkungan sosio ekonomi yang baik jarang terdapat infeksi sekunder oleh bakteri. Alergi, cuaca, polusi udara dan infeksi saluran napas atas dapat memudahkan terjadinya bronkitis akut.
Sedangkan  pada Bronkitis Kronik dan Batuk Berulang adalah sebagai berikut :

a.    spesifik
  • Asma 
  • Infeksi kronik saluran napas bagian atas (sinobronkitis) 
  • Penyakit paru yang telah ada ( bronkietaksis) 
  •  Sinrom aspirasi 
  • Penekanan pada saluran napas 
  • Benda asing 
  • Kelainan jantung bawaan
  • Defisiensi imunologis 
b.    Non spesifik
  • Asap rokok
  • Polusi udara 
  • Patofisiologi 
c.    Virus 

(penyebab tersering infeksi) - Masuk saluran pernapasan - Sel mukosa dan sel silia - Berlanjut - Masuk saluran pernapasan(lanjutan) - Menginfeksi saluran pernapasan - Bronkitis - Mukosa membengkak dan menghasilkan lendir - Pilek 3 – 4 hari - Batuk (mula-mula kering kemudian berdahak) - Riak jernih - Purulent - Encer - Hilang - Batuk - Keluar - Suara ronchi basah atau suara napas kasar - Nyeri subsernal - Sesak napas - Jika tidak hilang setelah tiga minggu - Kolaps paru segmental atau infeksi paru sekunder (pertahanan utama)

3. Patofisiologi

    Penemuan patologis dari bronchitis adalah hipertropi dari kelenjar mukosa bronchus dan peningkatan sejumlah sel goblet disertai dengan infiltrasi sel radang dan ini mengakibatkan gejala khas yaitu batuk produktif. Batuk kronik yang disertai peningkatan sekresi bronkus tampaknya mempengaruhi bronchiolus yang kecil – kecil sedemikian rupa sampai bronchiolus tersebut rusak dan dindingnya melebar.  Factor etiologi utama adalah merokok dan polusi udara lain yang biasa terdapat pada daerah industry. Polusi tersebut dapat memperlambat aktifitas silia dan pagositosis, sehingga timbunan mukus meningkat sedangkan mekanisme pertahanannya sendiri melemah. Mukus yang berlebihan terjadi akibat displasia. Sel – sel penghasil mukus di bronkhus. Selain itu, silia yang melapisi bronkus mengalami kelumpuhan atau disfungsional serta metaplasia. Perubahan – perubahan pada sel – sel penghasil mukus dan sel – sel silia ini mengganggu sistem eskalator mukosiliaris dan menyebabkan penumpukan mukus dalam jumlah besar yang sulit dikeluarkan dari saluran nafas

Clik Download  Lp dan Asuhan Keperaatan Bronkitis

http://adibesajja.blogspot.com

No comments:

Post a Comment